Saturday, December 11, 2010

the best methode : trial n error

Dulu sekali, seorang mantan bos yang juga pehobi foto menegaskan pada saya bahwa dalam fotografi kamera-yang hebat, hanyalah sebuah alat. Semua kembali pada orang yang mengeksekusi. Karena sebagus apapun kameranya, secantik apapun momentnya dan angle yang sempurna tapi tanpa teknik yang tepat maka hasilnya akan biasa saja. Hambar.
Dengan modal sebuah kamera bekas merek Canon. Saya bertekad untuk belajar fotografi secara serius. Karenanya saya pun memutuskan untuk berguru pada seorang teman yang punya profesi kang foto. Tapi siboz ini hanya memberikan sebuah wejangan yang sangat memicu semangat.
- Pertama-tama khatamin dulu bukaan lensa dan shutter speed.
- Kedua belajarlah dengan lighting
- Ketiga atau yang terakhir, dalami komposisi.

Hm…… sungguh suatu pelajaran yang berat.
Saya seorang otodidak sejati. Trial and error adalah metode terbaik saya.

No comments: