Friday, October 26, 2012

HANGOUT & PLAY


Sitisewu 25 September 2012
Selasa 12,07pm

pengenjung sebuah cafe yang asyik bermain kartu 


Selama berada di jogja ini, saya menyempatkan diri untuk hangout di tempat-tempat tongkrongan anak muda jogja yang cukup populer. Tentu saja saya menemui keadaan yang cukup semarak, tapi suasana santai sangat terasa.
Kedati demikian ada satu hal yang menjadi perhatian saya. Hampir disemua tempat-tempat gaul tersebut saya melihat sebuah keunikan. Orang-orang bermain kartu, ya kartu remi. Entah para lelaki atau para gadis-gadisnya.
Bagi saya, ini sungguh menerbitkan keheranan, karena di tempat asal saya, kartu remi, atau gaple hanya di mainkan di pos ronda, oleh para pria-pria sebagai permainan melewatkan waktu menanti pagi. Atau sebuah permainan yang kemudian di tunggangi oleh unsur strategi demi rupiah, dan digelar dalam ruang tertutup nan rahasia.
Mungkin secara umum, ini berarti hal yang sama. Tetapi ketika anak muda jogja memainkannya di cafe, yang selama ini saya tau punya kelas di mata sebagian orang, maka mau tidak mau membuat saya memaknainya secara berbeda. Sedemikian sempitkah ruang bermain mereka hingga merasa syah-syah saja membawanya ruang publik? Atau sedemikian luasnya mereka melihat ruang publik hingga bisa menerima segala bentuk permainan? Entahlah.. Saya hanya beropini, tanpa maksud menilai terlebih menjudge. Meski sejujurnya, kartu remi atau gaple, dimainkan dalam konteks apapun memang mengasyikkan. Hayuk.. Di bagi kartunya.. ☺      AIDA
                                                                                                                ****

No comments: