Tuesday, April 29, 2008

the bond

Sebelumnya tidak pernah terbayangkan bahwa bergaul didunia maya akan membawaku bertemu orang-orang yang tidak pernah ada dalam lintasan pikiranku sebelumnya.
Seperti hari ini, aku dapat teman baru. Lage. Horeeee…………………………………
Senengnya. Jadi ngobrol deh tuh. Secara saya memang seneng tambah teman.
Dan ternyata. Dia ngaku orang bugis. Atleast half bugisnesse.
Besar dijawa sekarang tinggal di Denpasar.
Somehow I feel the bond. N its so excited.
Perkaranya adalah bukan tentang saya atau dia tetapi tentang bugis itu sendiri.
Seperti lazim nya yang diketahui orang ramai bahwa orang bugis adalah pelaut yang tangguh. Terbukti dengan jauhnya perjalanan mereka mengukuri setiap sudut bumi.
Hingga anak keturunannya tersebar dipenjuru tanah.
Tapi saya bukan mau berbicara tentang habits nenek koyang kami itu. Tapi tentang the lost bugisnesse i had inside.
Kalau mau jujur, saya masih berjalan tertatih dan merabai negeri moyangku itu. Hampir tak ada petunjuk nyata. Semua hanya berlabel KONON KATANYA.
Padahal saya tipe manusia yang mendahulukan akal sehat dari sekedar mitos.
Tak ada persetujuan.
Jadinya demi mengendapkan rasa penasaran ini, bertualanglah saya kepenjuru alam maya. Mencari silo yang senasib dan seperasaan.
Mungkin saya belum terbilang beruntung. Bukan apa. Mereka yang saya temukan tidak merasa ini sebagai suatu issue yang penting. Sedihnya. Walau Demikian saya masih akan terus mencari dan mencari. Sampai saya bisa menemukan jawaban pertanyaan-pertanyaan saya.
Mungkin dengan ini ada seseorang diluar sana yang tergerak untuk menuntun langkahku. Menemukan rumah yang hilang.

2 comments:

Anonymous said...

Salam kenal,
Saya Hermanto.. nama jawa tapi dua-duanya alm. orang tuaku asli orang bugis. Bapak orang Sinjai sedangkan Ibu orang Bone. Saya lahir dan besar di Surabaya namun kerja di Irian dan sekarang sudah pindah di Medan. Ada kelelahan merantau di negeri orang dan "darah bugis" terus memanggil untuk kembali ke tanah bugis dan semakin hari semakin menguat..

Anonymous said...

Dan menghantarkanku ke blog ini. jika saudariku hendak mereplay pesan ini bisa meng-email ke: get2herman@yahoo.com. piss...